Indonesia-Arab (Dalam Pergerakan Kemerdekaan)

Buku

**Buku Indonesia – Arab Dalam Pergerakan Kemerdekaan **

  • Penulis : Prof Dr Husain Haikal MA
  • ISBN : 978-602-0753-10-2
  • Terbit : 2019
  • Ukuran : 14 x 20 cm
  • Hal : 664

Kemerdekaan bangsa Indonesia tidak lahir begitu saja. Kemerdekaan tersebut dibidani oleh para pahlawan yang secara sukarela mencurahkan segala daya dan upaya dengan pengorbanan yang tak terkira. Kemerdekaan tersebut pun tidak hanya diperjuangkan oleh mereka yang dianggap sebagai “pribumi”, tetapi juga oleh pengorbanan masyarakat pendatang yang salah satunya berasal dari Arab; Hadramaut, Yaman.

Kehadiran imigran Arab di Nusantara ini memang tidak lepas dari faktor ekonomi, politik, dan agama. Tentu akan ada analisis sejarah yang panjang tentang kehadiran mereka di Tanah Air ini. Akan tetapi, pada gilirannya mereka justru turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan cara mereka. Mereka berbaur dengan masyarakat setempat dan memunculkan entitas Indonesia-Arab.

Ketika situasi Nusantara ini memburuk lantaran kolonialisme, mereka dihadapkan pada dua Pilihan; pulang ke negara asal mereka atau tetap tinggal-bertahan dengan konsekuensi turut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Pilihan kedua itulah yang sebagian dari mereka pilih. Ilustrasi tersebut mengindikasikan bahwa negeri ini terbangun oleh masyarakat beragam, yang salah satunya oleh masyarakat Indonesia-Arab atau keturunan Arab. Hingga saat ini, mereka yang berasal dari keturunan Arab pun banyak yang mengisi pos-pos pentipg perpolitikan dan pemerihtahan di negeri ini. Dengan demikian, kontribusi mereka untuk bangsa ini juga tidak bisa dibilang sedikit.

Buku ini memotret sejarah perjuangan kemerdekaan yang digerakkan oleh masyarakat Indonesia-Arab. Disajikan dengan narasi yang memikat dari seorang penulis yang sabar, telitit dan tekun, buku ini berhasil menggambarkan sejarah pergerakan keturunan Arab di Indonesia secara apik. Buku ini menjadi bacaan menarik dan memberikan referensi penting dalam kajian sejarah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *